Cara Flash HP Android Samsung Galaxy Semua Tipe via Odin

Cara Flash HP Android Samsung Galaxy Semua Tipe via Odin
Flash HP Samsung Galaxy
Tutorial flash hp samsung galaxy via odin - Sebagian besar dari kita pasti sudah tau istilah flash pada smartphone android, jadi jelasin nya gak perlu banyak-banyak ya. Flash Merupakan istilah install atau pemasangan rom android fungsin nya pun beragam, misal :
 
  • Melakukan downgrade atau upgrade
  • Mengatasi masalah bootloop
  • Mengatasi hank
  • Mengatasi mati total
  • Membersihkan dari virus
  • Serta mengatasi masalah software lain nya
 
Baik itu dilakukan di OS Android Lollipop (v5.0.1), Marshmallow (v6.0.1), Nougat (v7.0) dan Oreo (v8.0)

Pengistallan Stock ROM / Custom ROM android bagi sebagian orang merupakan cara yang sulit, serta rawan dilakukan bagi yang belum berani mungkin akan berkata seperti itu. namun pada dasar nya flasing rom merupakan sebuah metode yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, semua orang pasti bisa melakukan nya sendiri tanpa harus membawa nya ke teknisi khusus. tapi ketika ingin melakukan flasing diperlukan sebuah pemahaman, ketelitian dan kehati-hatian sebelum atau saat melakukannya.

Alasan nya yaitu, proses ini memang sangat rentan terhadap kegagalan yang dapat membuat hp android kamu tampail lagi atau lebih dikenal dengan istilah bootlop. Kegagalan pemasangan sering terjadi karena tidak sesuai nya ROM yang dipilih dengan ponsel android, contoh : versi karnel / model yang tidak cocok, pemilihan rom yang tidak tepat dll.

Satu-satu solusi nya adalah berhati-hatilah dalam melakukan nya, Carilah rom yang sesuai dengan model ponsel samsung kamu. Kamu juga bisa perhatika komentar orang-orang yang sudah mencobanya, karena setiap rom memiliki kelebihan dan kekurangan (bug) sendiri-sendiri. Untuk flasing ponsel samsung, ada 2 cara atau metode yang bisa dilakukan.
 
1. Pertama flash via ODIN (menggunakan pc) dan

2. Kedua melalui menu recovery mode (tanpa pc)


Pada tutorial flasing hp samsung kali ini, saya menggunakan odin

Odin adalah aplikasi yang digunakan untuk flash Stock ROM atau Firmware android khusus hp samsung, software ini merupakan yang paling umum digunakan untuk flash hp samsung. karena mudah dalam penggunaannya.

cara flash hp samsung semua tipe

Cara Flash HP Android Samsung Galaxy Semua Tipe via Odin
Flash HP Samsung Galaxy Via Odin

Persiapan :
  • lakukan backup data dan rom (Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore mengembalikan ke keadaan semula)
  • Komputer atau laptop (win7/8/10)
  • Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 lalu Ekstrak filenya ke dalam komputer
  • Kabel data USB (disarankan menggunakan yang ori)
  • Install Samsung USB Driver ke dalam komputer.
  • Stock ROM / Firmware. Untuk mendapatkan Firmware Samsung, silahkan buka situs UPDATO.COM atau SAMMOBILE.COM.
   

1. Langkah pertama, Install Samsung USB Driver di komputer kamu. setelah selesai, restart komputer.

2. Langkah kedua, Matikan hp samsung nya, Masuk ke menu downloading caranya tekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama beberapa detik > Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue atau melanjutkan

3. Langkah ketiga, Jika sudah berada pada menu downloading > berikut nya sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data USB

4. Kemudian, ekstrak file odin yang telah kamu download > lalu jalankan cara nya dengan klik kanan > pilih run as administrator.

5. Perhatikan dan Pastikan apakah sudah terdapat ID port usb di bawah "ID:COM" aplikasi odin, jika tidak ada, silahkan ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb yang lain

6. Langkah berikut nya, Klik tombol "AP" lalu cari tempat dimana ROM android samsung tersimpan (ekstensi file tar.md5) yang akan di install di hp samsung nya. Jika sudah ketemu > klik open / buka lalu > klik tombol start pada aplikasi odin

PENTING!
Ketika proses flasing sedang berlangsung, jangan sekali-kali mencabut kabel data usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. karena proses otomatis akan berhenti, dan dapat merusak hp tersebut
7. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, proses akan berlangsung beberapa menit. jika berhasil, maka akan ada pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas aplikasi odin.
 
 
8. Kamu bisa cabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

9. Langkah berikut nya, hp samsung akan melakukan reboot / restart otomatis, silahkan tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai.

10. Silahkan atur sesuai dengan keinginan kamu.


Sekian dari saya :
Itulah tutorial cara flash hp samsung via odin, semoga refrensi ini dapat membantu. kamu punya cara yang lebih mudah dan simple? share di kolom komentar ya sob, mungkin aja bermanfaat. selamat mencoba dan semoga berhasil.


OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
Link Download Alternatif

0 Response to "Cara Flash HP Android Samsung Galaxy Semua Tipe via Odin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel