Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap dengan Skema

Sharing kali ini sederhana saja, HPnya juga sederhana dan simple yaitu Samsung C3322. Samsung ini cukup laris di pasaran karena sudah support MP3 dan dual SIM, kelebihan lainnya adalah baterainya yang awet, bisa tahan sampai 4 hari bahkan seminggu.

Kasus yang saya temukan kali ini adalah kasus mic Samsung C3322 tidak berfungsi. Kalau ditelpon...orang seberang tidak akan bisa mendengar suara dari HP ini. 

Kasus ini cukup biasa dan sering ditemukan, yang agak spesial adalah mic Samsung C3322 menggunakan mic digital, bukan mic biasa yang 2 kabel itu seperti HP pada umumnya. Proses penggantiannya ga jauh berbeda dengan mic 2 kabel. Mic digital sebenarnya hanya menggunakan 3 pin, yaitu Power, Ground dan Output.
jalur mic samsung c3322

Percobaan pertama penggantian mic Samsung C3322 kali ini gagal, entah kenapa...perasaan solderan sudah bagus dan mantap, tetapi pas ditest telepon ke nomor lain, tetap tidak ada suara di hp seberang. Test dengan menggunakan perekam suara di Aplikasi Samsung C3322 juga tidak ada suara.

Memang sih saya menggunakan mic copotan, tapi biasanya malah lebih bagus mic copotan. Sebelum mengganti mic yang kedua, saya check jalur mic samsung C3322 terlebih dahulu dengan menggunakan multitester. 

Untuk membantu kita menemukan jalur mic C3322, gunakan skema samsung c3322. Skema juga dibutuhkan untuk troubleshooting yang lain, misalnya kasus samsung c3322 ga bisa cas, jalur casan putus, jalur on off c3322 putus, kasus lcd blank putih dan kasus lainnya. Yang butuh silakan download:

Point yang perlu kita ukur adalah kaki-kaki pin mic pada PCB, kelihatan ada 5 pin tetapi hanya 3 pin bagian atas yang akan kita ukur. Dua pin di bagian bawah adalah GND.

samsung c3322 mic ways

Hasil pengukuran menunjukkan jalur normal dan bagus. Mungkin mic pertama tadi yang kurang bagus. Lalu saya mencari mic copotan lagi (dari flexible bekas gantian Samsung I8262). Setelah dipasang dan ditest, ternyata hasilnya bagus. Suara jernih muncul di ujung hp seberang saat ditest. 

Oh ya, ada banyak yang share bagaimana cara mengganti mic digital dengan mic kabel biasa dengan bantuan 1 buah resistor saja. Boleh-boleh saja kalau memang tidak ada sparepart yang cocok, terutama teknisi kampungan seperti saya ini yang kadang susah mencari sparepart di toko terdekat. Lihat gambar berikut untuk jumper mic samsung c3322.

Namun, menurut saya hasilnya kurang maksimal. Suara yang dihasilkan menjadi kurang jernih dan kurang kencang. Oleh karena itu, saya pribadi lebih senang menggantinya dengan mic yang original saja. Proses penggantian lebih cepat dan hasil lebih bagus.

Semoga sharing kali ini bermanfaat. Terima kasih.

OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
OpenLoad - GoogleDrive
Link Download Alternatif

0 Response to "Jalur Mic Samsung C3322, Lengkap dengan Skema"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel