SOLUSI HP MASUK KE DALAM AIR

Tak peduli sehebat-hebatnya kita menjaga smartphone kesayangan, terkadang ada hal yang tak bisa dihindari. Apakah tiba-tiba ponsel tersebut jatuh ke wastafel, kehujanan, atau mungkin terlempar ke kolam renang. Jika hal ini terjadi, tidak usah panik. Anda masih bisa menyelamatkan hp kesayangan Anda dengan mengikuti beberapa cara mengatasi hp kena air berikut ini.

Cara Mengatasi Hp yang Kemasukan Air

1. Segera matikan smartphone

Saat mengalami tragedi dan terkena air, segera matikan dan lepas baterai smartphone Anda. Lepas kartu sim, sd card dan apa pun yang terpasang karena dalam keadaan basah atau terkena air, komponen smartphone Anda dapat mengalami konslet atau bahkan terbakar.
Dengan memutuskan daya ponsel tersebut, Anda bisa mencegah kerusakan menyebar kemana-mana. Jika sudah dilepaskan, jangan terburu-buru menyalakannya kembali, ikuti dulu langkah-langkah penanganan berikutnya.

2. Buka casing smartphone untuk memberi jalan udara

Setelah mematikan smartphone, copot casing dan buka semua aliran udara. Anda juga bisa menggoyang-goyangkan smartphone secara perlahan agar air yang ada didalamnya keluar. Namun berhati-hatilah, jika Anda salah mengguncangnya, air yang ada malah bisa mencapai bagian dalam  dan memperburuk keadaan.

3. Gunakan kain yang dapat menyerap air

Selain menurunkan air dengan cara menggoyang-goyangkannya, Anda bisa mengeringkannya dengan mempelkan kain / tisu ke bagian yang basah. Sebaiknya jangan membersihkan dengan cara menggosoknya karena hanya akan menyebarkan air berpindah kemana-mana.

4. Memanaskan mesin menggunakan Blower 

Cara terbaik untuk mengeluarkan air dari smartphone adalah dengan menggunakan blower pengering rambut atau bower yang khusus untuk perbaikan smartphone. Sebelum menggunakan blower, pastikan sudah tidak ada benda-benda kecil seperti sim card, sd card atau baterai. yang menancap. bahkan sebelum mem blower mesin supaya sebelumnya melepas lcd dan perangkat lai n seperti camera, socket socket yang masih menancap di mesin sehabis itu baru blower menggunakan tekanan udara yang agak kencang dan suhu panas yang paling rendah.

5. Beli ziplock dan isi dengan beras/silica gel

Alternatif lain untuk mengeringkan dan menyerap air yang ada di dalam smartphone yang basah adalah menggunakan ziplock yang diisi beras atau silica gel. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan mengurangi kelembapan.
Masukkan beras kering/silica gel ke dalam ziplock dan benamkan smartphone basah Anda ke dalamnya. Biarkan ia berada di dalam selama 2 hari, jangan tergoda untuk menyalakannya sampai benar-benar kering.

6. Cek setelah 2 hari

Setelah dua hari, keluarkan smartphone dari ziplock dan bersihkan. Cek layar smartphone Anda. Jika masih terdapat uap air, kembalikan ke dalam ziplock. Apabila sudah kering sepenuhnya, coba masukkan baterai ke dalam smartphone tersebut dan coba hidupkan.
Bila smartphone tidak menyala, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengisian daya. Jika baterai smartphone tidak terisi, maka kemungkinan besar baterainya rusak. Coba gunakan baterai lain atau segera periksakan smartphone tersebut ke tukang servis.

7. Perhatikan smartphone selama beberapa hari

Jika smartphone tersebut bisa menyala, perhatikan keanehan yang mungkin muncul untuk beberapa hari kedepan. Putar musik, coba aplikasi game dan lakukan panggilan telpon untuk mengetes keanehan yang mungkin muncul.

8. Bawa ke tukang servis langganan

Cara ini wajib dilakukan jika smartphone tidak kunjung menyala atau terjadi keanehan setelah bisa menyala. Jangan pernah berusaha untuk membongkarnya sendiri jika Anda tidak pernah mendapatkan pelatihan atau berpengalaman.
Untuk itu, cara terbaik adalah dengan mendatangi tukang servis langganan atau ke vendor servis resmi smartphone tersebut. Beberapa vendor menyediakan garansi untuk smartphone yang tidak sengaja tercelup air. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membawa kartu garansi ke vendor servis resmi smartphone Anda. Siapa tahu Anda bisa memperbaikinya tanpa perlu mengeluarkan biaya.
Meskipun umumnya cara ini berhasil membuat hp basah menjadi kering, tetapi penggunaan beras atau silica gel tidak menjamin hp Anda akan sehat 100%. Cara terbaik adalah membawa ke tukang servis langganan atau vendor servis resmi untuk memperbaikinya.
arsy Cell hadir untuk memberikan solusi pada smartphone Android anda. arsy Cell adalah spesialis servis HP android terkemuka di Kota surabaya. Anda tinggal telpon kami, konsultasikan kerusakan,  setelah itu bawa ke arsy cell . handphone anda akan kami cek kerusakan kurang lebih  5-10 menit untuk pengecekan kerusakan secara total.. untuk pengecekan krusakan GRATISS. jika anda setuju untuk di servis  Anda cukup duduk menunggu HP anda selesai di service.jika setelah pengecekan krusakan anda tidak menginginkan hp anda di servis juga tidak apa apa.

HP Android Anda Rusak?
Konsultasi Gratis :
Call/SMS/Whatsapp : 0897-092-3670
PIN BBM : 
4RSYC3LL

Link Download Alternatif

0 Response to "SOLUSI HP MASUK KE DALAM AIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel